Operasi Dasar Komputer

Wednesday, December 14th, 2016 - TIK SMP Kelas 9

Operasi Dasar Komputer – Dalam Ilmu komputer, Sistem Operasi atau Operating System (OS) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Sistem Operasi juga diibaratkan sebagai ”nyawa” sebuah komputer, karena tanpa adanya suatu sistem operasi, komputer yang sudah kita rakit belum dapat digunakan.

Operasi Dasar Komputer

Operasi Dasar Komputer

 

Sistem operasi yang digunakan komputer secara umum (termasuk PC dan jenis komputer lainnya) terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:

  1. Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS versi 10.5 (Leopard). Pada tahun 2007 diluncurkan versi 10.5 (Leopard).

A. Mengaktifkan Komputer

Terdapat berbagai macam komputer yang sekarang beredar dan digunakan. Semua komputer tersebut terlihat berbeda satu sama lain. Baik berbeda dari sisi bentuk, warna, ataupun dari kegunaan komputer tersebut. Walaupun jenisnya berbeda-beda tapi proses mengaktifkan komputer ini tidak jauh berbeda antar satu dengan lainnya. Yang dimaksud dengan proses mengaktifkan komputer ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan agar komputer dapat digunakan.

1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur

Terdapat 2 tombol power yang harus diaktifkan agar komputer dapat digunakan. Satu buah tombol terdapat pada CPU dan 1 buah tombol lagi terdapat pada monitor. Walaupun demikian berbeda halnya dengan komputer jenis laptop atau komputer lain yang sejenis, hanya memiliki 1 tombol power. Hal ini disebabkan CPU laptop menyatu dengan keyboard dan monitor.

Proses mengaktifkan komputer biasanya adalah sebagai berikut:

  1.  Pastikan semua kabel power terhubung ke terminal listrik.
  2. Tekan tombol power pada Monitor
  3. Tekan tombol power pada CPU.
  4. Tunggu hingga terlihat menu desktop atau tampilan awal sistem operasi.
  5. Dikarenakan sistem operasi yang kita gunakan adalah Windows XP, maka ketika komputer diaktifkan biasanya akan terlihat seperti di bawah ini,

2. Mengenal proses booting

Sebuah proses menghidupkan komputer sampai dengan siap digunakan untuk mengolah data / informasi disebut booting .

Boot sendiri terdiri dari 3 tahap yaitu:
1. Mempersiapkan sistem agar siap digunakan.
2. Diagnosa terhadap kelengkapan perangkat berikut pengecekan kondisi perangkat tersebut.
3. Mengaktifkan sistem operasi sebagai pengontrol kegiatan-kegiatan pengolahan data.

Berdasarkan keadaan yang terjadi akibat dari terjadinya proses booting, terdapat
berbagai jenis boot yang dapat dilakukan, yaitu:

a. Cold boot

Boot yang terjadi saat komputer dari keadaan mati. Dengan kata lain Cold boot ini sama dengan proses mengaktifkan komputer dari awal.

b. Warm boot

Merupakan proses pengaktifan kembali komputer yang sedang dalam keadaan aktif untuk tujuan tertentu. Proses boot ini terjadi ketika komputer diberikan arus listrik kembali, dimana arus listrik dimatikan untuk sementara waktu dengan tujuan mengulang kembali proses komputer dari awal. Warm boot ini biasanya terjadi karena program yang rusak atau dilakukan pengaturan ulang sistem.

c. Soft boot

Merupakan proses booting yang dikendalikan melalui sistem.secara otomatis.

d. Hard boot

Merupakan proses booting yang terjadi dengan cara dipaksa. Biasanya terjadi karena komputer diam dalam jangka waktu yang lama (hang)..

e. Reboot

Merupakan peristiwa mengulang kembali sistem dari awal. Reboot ini terjadi dikarenakan beberapa hal, di antaranya adalah dikarenakan sistem yang tidak bereaksi dan terjadinya perubahan setting dari sistem operasi yang digunakan.

Operasi Dasar Komputer | admin | 4.5
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs