Pengertian Fungsi dan Spesifikasi Serta Jenis Jenis RAM

Pengertian Fungsi dan Spesifikasi Serta Jenis Jenis RAM – Alhamdulillah sahabat pada dini hari kembali saya akan memberikan postingan terbaru dengan Judul Pengertian Fungsi dan Spesifikasi Serta Jenis Jenis RAM.

1. Pegertian RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat/hardware penyimpan data sementara pada komputer. Seperti yang kita tahu bahwa Memory RAM merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah komputer. Apalagi Anda menggunakan komputer untuk bermain game maupun desain grafis.

Pengertian Fungsi dan Spesifikasi Serta Jenis Jenis RAM

Pengertian Fungsi dan Spesifikasi Serta Jenis Jenis RAM

 

Komputer yang digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut tentu saja membutuhkan Memory dengan kapasitas dan kecepatan yang tinggi.

2. Fungsi RAM

RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara. Maksudnya, pada saat perangkat komputer dihidupkan, processor (CPU) akan langsung meminta data yang terdapat pada harddisk. Proses kerja selanjutnya, pada dasarnya harddisk tidak mampu memenuhi permintaan data yang dibutuhkan oleh processor.

Pada saat sebuah OS berjalan, maka secara otomatis banyak juga program-program pendukung yang langsung berjalan, seperti driver, software startup, dll. Disini fungsi RAM tersebut digunakan, program-program yang sedangkan anda jalankan itu akan tersimpan didalam RAM yang kemudian akan dapat diakses kembali oleh processor dengan cepat. RAM menyimpan data program yang sedang dijalankan, jadi sifatnya hanya sementara. Ketika perangkat komputer mati, maka data yang terdapat pada RAM akan terhapus.

3. Spesifikasi Memory

RAM memiliki bagian dan spesifikasi yang antara lain adalah:

a. PCB Memory

Printed Circuit Board atau biasa disingkat PCB adalah sebuah papan yang digunakan untuk mendukung semua komponen-komponen elektronika yang berada diatasnya, papan PCB juga memiliki jalur-jalur konduktor yang terbuat dari tembaga dan berfungsi untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lainnya.

b. Kapasitas RAM

Berapa besar data yang mampu ditampung oleh sebuah RAM. Itulah kira-kira gambaran tentang pengertian kapasitas pada RAM. Kapasitas RAM 512 Mb, 1 Gb, 2 Gb, 4 Gb, 8 Gb, dst. Jadi, jika kapasitas sebuah RAM adalah 1 Gb, maka data maksimum yang mampu ditampung oleh RAM tersebut adalah 1 Gb.

Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin besar data yang mampu ditampung dan semakin cepat pula kinerja komputer anda, karena data yang mudah diakses oleh processor dari RAM semakin besar. Komponen RAM yang berfungsi sebagai memory atau penyimpan data adalah IC yang berbentuk kotak berwarna hitam.

c. Contact Point pada RAM

Merupakan bagian RAM yang berfungsi sebagai konektor ke Motherboard yang berupa pin logam terdiri atas beberapa titik dan di batasi oleh satu atau dua buah lekukan yang disebut sebagai NOTCH, lekukan ini berfungsi untuk mencegah adanya kesalahan dalam pemasangan RAM pada motherboard. Lekukan tersebut sesuai dengan jenis RAM, misal

d. DRAM ( Dynamic Random Access memory )

Komponen berbentuk kotak kecil yang berwarna hitam terpasang pada PCB RAM, sebagai tempat menampung Data dalam kurun waktu yang singkat, dan harus di-refresh secara berkala ( Periodik ). bentuk dari DRAM sangat beragam.

e. FSB (Front Side Bus)

FSB bisa diibaratkan sebagai sebuah jalan, jadi semakin lebar sebuah jalan, maka semakin banyak kendaraan yang bisa lewat. Begitu juga juga dengan FSB pada RAM, semakin besar Front Side Bus maka semakin banyak data yang mampu di transfer, tinggal berapa kecepatan kendaraannya dalam hal ini disebut Bandwith pada RAM.

f. Headsink

Sering disebut sebagai logam pendingin komponen-komponen RAM. Biasanya digunakan oleh Memory Mid end dan High End.

g. Bandwith

Berapakah besar (Mb) data yang mampu di transfer oleh RAM dalam waktu satu detik (Mb/s), Misal Corsair Vengeance DDR3 PC12800 berarti memiliki bandwith memory tersebut adalah 12800 Mb/s, artinya dalam satu detik data yang dapat diproses sebesar 12800 Mb.

4. Jenis RAM

Contoh DDR1, DDR2, DDR3 dan yang terakhir adalah DDR4. Semakin tinggi jenis dan tipe RAM maka semakin besar pula kapasitas dan kecepatannya. Berikut ini merupakan perbandingan RAM DDR2, DDR3 dan DDR4.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Fungsi dan Spesifikasi Serta Jenis Jenis RAM, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai ketemu lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di it-artikel.com

Pengertian Fungsi dan Spesifikasi Serta Jenis Jenis RAM | admin | 4.5
Leave a Reply