Pengertian Bandwidth Beserta Fungsinya

Tuesday, March 14th, 2017 - Jaringan Komputer

Pengertian Bandwidth Beserta Fungsinya – Alhamdulillah sahabat dimana saja berada pada kesempatan malam ini saya admin it-artikel.com akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Pengertian Bandwidth Beserta Fungsinya. Apa itu yang dimaksud dengan bandwidth? Mungkin jika kalian yang sering memakai jaringan komputer atau internet pasti sudah mengetahuinya, nah… pembahasan kali ini dibuat untuk kalian yang belum mengetahui apa itu bandwidth, berikut di bawah ini penjelasannya yang tentunya dapat kamu baca lalu kamu pahami.

Pengertian Bandwidth Beserta Fungsinya

Pengertian Bandwidth Beserta Fungsinya

 

A. Penjelasan tentang Bandwidth

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekwensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.

Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, bandwidth ini sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, ialah jumlah data yang bisa dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik). Bandwitdh pada jaringan komputer ini umumnya diukur dalam bits per second (bps).

Jika kita menggunakan koneksi LAN (Local Area Network) 100 mbps, berarti idealnya dapat melakukan transaksi data maksimalnya sebesar 100 mega bit per second (mbps). Lalu jika suatu modem yang dapat bekerja pada 57,600 bps memiliki Bandwidth 2 kali lebih besar dari pada modem yang bekerja pada 28,800 bps, jika koneksi komputer ke jaringan komputer memiliki Bandwidth yang besar atau tinggi dapat memungkinkan pengiriman data yang besar juga misalnya seperti pengiriman gambar dalam video presentation atau bahkan dapat mengirim video.

B. Definisi bandwidth digital dan analog

Apa itu bandwidth digital dan analog? Dlam sebuah jaringan komputer bandwidth terbagi menjadi dua macam diantaranya bandwidth digital dan analog dan penjelasannya di bawah ini:

Bandwidth digital yaitu volume ataupun jumlah suatu data (dalam satuan bps atau bit per second) yang bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.

Bandwidth analog yaitu merupakan suatu perbedaan antara frekuensi yang terendah dan frekuensi yang tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) yang bisa menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Bandwidth Beserta Fungsinya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di it-artikel.com

Pengertian Bandwidth Beserta Fungsinya | admin | 4.5