Praktek Dasar Microsoft Excel 2010

Praktek Dasar Microsoft Excel 2010 – ALhamdulillah sahabat pada kesempatan yang baik ini kembali saya akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Praktek Dasar Microsoft Excel 2010.

Microsoft Excel merupakan satu diantara Aplikasi Pengolah Angka (Spreadsheet) keluaran dari Perusahaan Microsoft di Amerika Serikat. Akantetapi kali ini saya tidak membahas tentang apa itu microsoft excel, bagaimana cara kerjanya atau tutorialnya. Tapi disini saya akan berbagi soal praktek yang dapat digunakan untuk latihan di Microsoft Excel 2010, karena untuk pelajaran TIK tidak efektif jika tidak langsung mempraktekkannya.

Satu diatara pelajaran di sekolah yang paling menarik menurut saya adalah pelajaran TIK salah satu yang saya pelajari sejak SMP adalah Microsoft Excel, tapi dulu masih Microsoft Excel 2003 nah sekarang kebanyakan sekolah sudah menggunakan Program Aplikasi Microsoft Excel 2010 ataupun 2013. Sebagian besar untuk perhitungan rumus fungsi masih sama hanya saja untuk profesional mungkin beberapa fasilitas yang sangat membantu.

1. Artimatika Matematika Dasar

Fungsi Aritmatika Matematika

Fungsi Aritmatika Matematika

 

Yang pertama adalah fungsi Aritmatika Dasar yakni mempelajari tentang logika matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentase, serta pangkat dan akar kuardrat. Dengan tambahan menentukan nilai total, rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, dan jumlah item yang ada di range.

2. Aritmatika Matematika, SUM, AVERAGE, MIN dan MAX

Aritmatika Matematika, SUM, AVERAGE, MIN dan MAX

Aritmatika Matematika, SUM, AVERAGE, MIN dan MAX

 

Praktek Microsoft Excel – Fungsi SUM, AVEGRAGE, MIN dan MAXKeterangan:

Upah Kerja (Kotor) = Jam Kerja x 25000
Upah Lembur = Jam Lembur x 30000
Total Upah = Upah Kerja + Upah Lembur
Pajak = Total Upah x 5%
Total Upah (Netto) = Total Upah – Pajak

3. Fungsi IF Tunggal dan IF MajemukPraktek Excel 2010 (Fungsi IF Tunggal dan Majemuk)

Fungsi IF Tunggal dan IF Majemuk

Fungsi IF Tunggal dan IF Majemuk

 

Note :

Grade : Grade A for Marks 90 – 100, Grade B for marks 80 – 89, Grade C for marks 70 – 79, Grade D for marks 60 – 69, Grade E for < 60
Status : if grade > 75 is Complete, if grade < 75 is Failed

4. Fungsi VLOOKUP

 Fungsi VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP

 

Praktek Excel 2010 – Fungsi VLOOKUPVlookup merupakan fasilitas dari Microsoft Excel yakni mengambil data yang ada di tabel lain (tabel Array) berdasarkan data yang sesuai dengan tabel. Selain Vlookup ada juga Hlookup, perbedaannya adalah VLOOKUP digunakan untuk tabel secara Vertikal sedangkan HLOOKUP yaitu pemanggilan tabel array secara Horizontal.

5. Kombinasi VLOOKUP dan HLOOKUP

Kombinasi VLOOKUP dan HLOOKUP

Kombinasi VLOOKUP dan HLOOKUP

 

Praktek Microsoft Excel – Kombinasi Vlookup dan Hlookup

Note:

Untuk gaji sesuai dengan gologan berdasarkan tabel gaji
Total Gaji =Gaji Pokok+Tunjangan+Transportasi
Pajak=Total Gaji x Pajak
Gaji Bersih= Total Gaji – Pajak

6. Kombinasi VLOOKUP dan HLOOKUP (Lanjutan)

Kombinasi VLOOKUP dan HLOOKUP

Kombinasi VLOOKUP dan HLOOKUP

 

Demikialah artikel tentang Praktek Dasar Microsoft Excel 2010, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di it-artikel.com

Praktek Dasar Microsoft Excel 2010 | admin | 4.5
Leave a Reply